Senin, 14 Januari 2013

MENJADI SALESMAN SUKSES SECARA ISLAMI | SYARIAH



MENJADI SALESMAN SUSKSES  SECARA ISLAMI | SYARIAH
Menjadi  salesman sukses itu gampang, tinggal meniru dan memodifikasi  taktik dan strategi  para tokoh-tokoh Marketing Top yang sudah terbukti manjur.Contoh-contoh nyata Salesman sukses pun  bisa dilihat setiap hari dikanan kiri di lingkungan tempat tinggal kita .Namun, menjadi Salesman Sukses secara Islami/Syariah jarang sekali kita menemuinya,yang kita lihat sehari-hari adalah kehidupan glamour /mewah para Salesman Sukses,

Salesman sukses sering kali bertebaran di Mall untuk membeli produk terbaru,Salesman Sukses sering berada ditempat-tempat kebugaran  , Sebagian Salesman sukses menikmati kehidupan malam nya di Discotik,Pub,dan Cafe,Sebagian lagi Salesman sukses suka pamer  mobil bagus ,sebagai simbol kesuksesan mereka.

Tidak mudah untuk menjadi Salesman sukses secara Islami/Syariah karena  godaan duniawi sangat besar dan kesempatan sangat terbuka lebar untuk melipat gandakan keuntungan dengan cara-cara tidak halal . Siapa yang kuat imannya jika hal itu ada didepan pelupuk mata para salesman sukses,Persis apa yang dikhawatirkan Nabi  : “Menegakan agama seperti memegang bara api”

Larangan bagi  Salesman yang ingin sukses secara Islami /Syariah :

Salesman Sukses secara Islami/syariah di larang menjual  produk dan Jasa yang haram

Jika kita ingin menjadi Salesman sukses secara Islami / syariah kita tidak boleh menjual produk atau jasa yang haram.Misalnya :Kita tidak boleh menjadi salesman  di perusahaan minuman keras .Kita tidak boleh menjadi salesman di perusahaan yang menjual “Kupon Judi”  .Dari ‘Amir dari Abdullah bin Nu’man bin Basyir r.a. beliau berkata:” Saya mendengar Rasulallah bersabda,” sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang subhat (samara-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. 

Maka siapa yang takut terhadap subhat berarti dia telah menyelamatkan agamanya dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara subhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembala hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati. (HR al-Bukhari dan Muslim)

Salesman Sukses secara Islami/syariah di larang menjual produk dimana cara mendapatkan produk dan jasa secara haram

Jika kita ingin menjadi Salesman sukses secara Islami kita tidak boleh menjadi salesman di suatu perusahaan yang mendapatkan produk atau jasa  secara haram,Misalnya: Menjadi Salesman di perusahaan yang bahan bakunya dari pembabatan hutan secara Ilegal. “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepadaNya……..”   Al Hijr 19, ”Dan kami telah  menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.”

Salesman Sukses secara Islami/syariah di larang  menipu pembeli dengan barang cacat atau rusak

“Barangsiapa menipu (orang lain) maka bukan termasuk golongan kami (umat Islam).” [HR. Muslim ]
Jika kita ingin menjadi salesman sukses secara Islami/syariah maka dilarang keras menjual produk dengan menipu customer,hukumnya haram.Tidak akan barokah harta yang kita dapatkan karena transaksi jual beli yang merugikan salah satu pihak. Mengapa Salesman sukses harus menempatkan keberkahan dalam menjual sebagai asas utama ?Karena dengan keberkahan,hati kita jadi selalu tenang tidak kemprungsung kata orang jawa,Nyaman,tambah kuat Iman Islam kita dan bertambah motivasi kita untuk meraik kesusesan,yang paling penting adalah pertolongan ALLAH akan mudah mengalir dalam setiap aspek kehidupan kita.

” Carilah duniamu maka kamu akan mendapatkan dunia saja,carilah akheratmu maka kamu akan mendapatkan DUNIA dan AKHERAT”  Begitu juga dengan kemudahan dalam beribadah, akan menjadi salah satu manfaat dari cara menjual yang berkah.Beribadah yang dikerjakan akan menjadi ringan, tanpa kesulitan berarti. Dan yang paling penting adalah jaminan dari ALLAH  yaitu keselamatan Dunia akherat untuk setiap transaksi penjualan dengan nilai-nilai keberkahan.

Salesman Sukses secara Islami/syariah di larang keras mengurangi hak-hak pembeli 

Jika kita ingin menjadi salesman sukses secara Islami /syariah maka kita dilarang mengurangi ha-hak yang seharusnya kita serahkan kecustomer,Misalnya : Program perusahaan yang menggatur dengan jelas  bahwa Total Potongan harga menjadi hak customer kita kantongi , atau program hadiah barang tidak kita berikan customer ,atau spesifikasi prodct kita kurangi dsb.Barang siapa yang memudahkan urusan seseorang, maka Allah SWT akan memudahkan urusannya.” Hadis ini bisa menjadi tuntunan dalam penjualan yang berkah. Transaksi penjualan yang mendatangkan keselamatan dan rahmat dari ALLAH SWT. 

Yang di anjurkan untuk menjadi Salesman Sukses secara Islami/Syariah : 

Yang di anjurkan menjadi Salesman Sukses secara Islami/syariah selalu memperbaiki NIAT kita.

“Semua perbuatan tergantung Niat nya” Jika kita bertransaksi karena niat kita lillahi taala, untuk menyantuni keluarga dan untuk silaturahmi kesesama tidak sekedar mencari uang atau materi semata.Jika kita bertransaksi tidak pake niat maka akan merugi,karena banyak orang yang amalnya hilang karena transaksi penjualannya tidak di awali dengan niat.Akan jadi barokah kalau transaksi jual beli kita payungi dengan niat untuk memperoleh Ridho Nya.

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu meng up-date pengetahuan Dunia,akherat dan menajamkan skill marketer kita.

Jika kita ingin menjadi salesman sukses ,kita harus benar-benar menguasai Ilmu marketing,Skill menjual,Analisa pasar,Spesifikasi produk yang kita jual,sistem dan prosedur penjualan serta mampu melayani customer dengan benar-benar puas lahir dan batin dsb .Ilmu marketing dan teknologi selalu berkembang dengan dinamis mengikuti perkembangan zaman ,kita sebagai marketing harus selalu menambah ilmu marketing kita ,mau belajar dengan para ahli marketing untuk menambah skill menjual ”Carilah Ilmu sampai ke negeri Cina” 

Jadi jelas Ilmu dan Skill yang mumpuni hukumnya wajib bagi Umat Islam,khususnya lagi bagi kita yang ingin sukses sebagai salesman. ” Apabila urusan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya” Hadis ini menegaskan kalau kita ingin sukses berkarir di marketing kita harus punya kredibilitas.Jika suatu saat kita diberi amanah, karena kita punya Ilmu dan Skill maka perusahaan akan tambah maju. Jangan sampai perusahaan yang dipercayakan kekita merugi atau bangkrut karena kita tidak punya Ilmu.

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu berbaju TAKWA 

Firman ALLAH, “...Barang siapa bertakwa kepada ALLAH,niscaya (ALLAH) akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka...” Dengan menyerahkan segala urusan kepada ALLAH,maka ALLAH akan menyelesaikan urusan tersebut. Ikhtiar hendaknya dipahami sebagai bentuk usaha manusia, bukan sebuah kepastian terselesainya suatu urusan.

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu berbaju kejujuran
BISNIS Modern adalah Kepercayaan dan Kepuasan Pelangan  

Jika kita ingin menjadi salesman yang sukses secara Islami /Syariah modal utamanya adalah jujur,kita bisa belajar dengan maha guru Marketing yaitu Rosullullah ,dengan konsep marketing modern pertama yaitu cara Menjual yang  jujur sehinga semua customer akan sangat percaya ,bahwa produk yang dijual baik dan bagus,kalau ada yang cacatpun akan disampaikan jangan memilih yang cacat,cara ini akan membuat customer super puas,akibatnya customer akan membeli ulang,customer akan memberikan refrensi jika ada temannya yang mau beli produk tersebut dan salesman bukan lagi sebagai penjual tapi sudah menjadi konsultan bagi customer.

Seribu empat ratus tahun yang lalu,NABI dikenal dengan pangilan Al-Amin(bisa dipercaya).Brand yang disematkan ke Rosullullah sunguh luar biasa bagi usaha perdaganggan Beliau.Brand Image yang begitu tinggi akan memudahkan kita menjual. ”Sesungguhnya kebenaran membawa ketenangan dan kedustaan menimbulkan keraguan”. (HR. Tirmidzi).

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu ber Syukur

”...Jika kalian bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat itu kepada kalian dan jika kalian ingkar, maka siksa-Ku amat keras.” (QS. Ibrahim [14]: 7). Ini adalah janji dan jaminan Allah. Perilaku yang tidak hanya mengantarkan pada rahmat Allah, namun juga kasih-Nya.  

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan ZAKAT,SODAKOH dan INFAK

Jika ingin terbukanya pintu rejeki, harus membukakan pintu sedekahnya. Jangan khawatir akan kekurangan. Tidak ada ceritanya ada orang yang menjadi miskin karena mengeluarkan hartanya untuk zakat, infak atau pun sedekah. 

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu berbaju Tawakal

”...Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupkan keperluannya...” Semua bisnis selalu ada pasang surut,saat surut kita wajib bertawakal karena yakinlah bahwa ALLAH yang akan menyelamatkan dan mengurus rejeki kita.

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu berDzikir

Senantiasa melafazkan dzikir akan mendatangkan banyak manfaat. Menghiasi hari dengan mengingat Allah akan menjauhkan diri dari tipu daya setan. Ucapan dzikir seperti, ya Fattah, itu membuka urusan. Ya Rozak, itu yang membuka pintu rejeki. Bisa juga dengan istiqfar, yang banyak manfaatnya. Seperti diampuni dosa, diberikan ketenteraman dan diberikan rejeki dari arah yang tidak diduga-duga. 

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu QANAAH

Bukannya kekayaan itu karena banyaknya harta benda, tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kaya jiwa.” (HR. Bukhari Muslim). Yakinilah ini dan jadikan sifat qanaah (merasa cukup) sebagai sikap hidup dalam melakoni dunia usaha. Dengan begitu, insya Allah keberkahan rejeki akan menghampiri.

Yang dianjurkan agar menjadi Salesman Sukses secara Islami /Syariah dengan selalu SILATURAHIM

Kadang kala kita berdoa minta rejeki, tapi kita sendiri yang menolaknya. Oleh Allah didatangkan rejeki lewat konsumen, namun tertolak karena perilaku kita. Karenanya jangan mengusir konsumen dengan perilaku negatif. Hormati dan perluas silaturahim. Itu dapat membuka jalan bagi datangnya rejeki.
Semoga Keinginan kita untuk menjadi salesman sukses secara Islami /Syariah bisa terwujud. Sebagaimana ikrar bahwa hidup dan mati hanya untuk Allah, maka keberkahan adalah hasil nyata akan kebenaran dari ikrar tersebut. Ikrar yang menuju keselamatan dunia akhirat. Aamiin...
 

1 komentar: