Kamis, 24 Januari 2013

MENCIPTAKAN DAN MENGELOLA BRAND EQUITY



MENCIPTAKAN & MENGELOLA BRAND EQUTY
Esensi dari ilmu marketing adalah memahami kebutuhan ,keinginan dan harapan customer.Betapa pentingnya faktor KONSUMEN ,sehingga marketer harus bisa menciptakan merek yang mempunyai ciri khas dan arti tersendiri di benak customer.

Sebuah Brand dikatakan mempunyai customer base brand equity  yang bagus apabila customer memberikan respon yang positif terhadap suatu brand .Kunci dari suatu branding adalah pelanggan bisa membedakan produk kita dengan jelas apabila dibandingkan dengan competitor. 

Ada tiga unsur yang penting diferential effect, brand knowledge, dan consumer response to marketing:

  • Pertama, brand equity muncul dan tercipta dari keberagaman respons konsumen. Jika tidak ada ciri khas atau sesuatu yang berbeda, maka brand suatu  produk tidak akan bisa unggul di antara yang lain, dan akan dianggap generik/tidak ada bedanya dengan produk lain.
  • Kedua, perbedaan respons kondumen ini adalah hasil dari pengetahuan  yang dimiliki konsumen tentang produk Anda. Jadi, walaupun konsumen terus-menerus dibombardir oleh segala aktivitas marketing perusahaan-perusahaan, brand equity pada akhirnya hanya tergantung dari apa yang ada dibenak konsumen.
  • Ketiga, perbedaan respons konsumen yang menciptakan brand equity tercemin pada persepsi, pilihan, dan perilaku konsumen yang berhubungan dengan semua aspek dari aktivitas pemasaran. Customer-based brand equity sendiri tercipta ketika konsumn sudah mempunyai awareness dan kepekaan yang tinggi dengan suatu brand tersebut dalam ingatan mereka.

Jadi, dengan menciptakan bran awareness dan image positif dalam benak konsumen, maka kita akan mampu mengedukasi konsumen sehingga dapat mempengaruhi  perilaku mereka dan menciptakan berbagai macam customer-based brand equity.Dalam beberapa kasus ,brand awareness saja tidaklah cukup untuk mendapatkan respon positif konsumen(misalnya dalam pengambilan keputusan ,biasanya konsumen hanya akan memilih mere-merek yang sudah familiar saja di benak mereka)

Customer brand equity tercipta karena ada perbedaan atau keragaman respon konsumen terhadap aktifitas marketing ketika mereka konsumen sudah mengetahui merek tersebut.Biasanya perbedan  atau keragaman respon respon tersebut akan tergantung pada seberapa besar penilaian positif konsumen terhadap brand tersebut.

1 komentar: