Jumat, 18 Januari 2013

PDCA (BUSINESS PROSESS | SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER



BUSINESS PROSESS(PDCA) |SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER
Dalam rangkaian kegitan suatu busines Dealer Mobil 3S( Penjualan,Spare part,Service) Ada yang harus kita capai yaitu  tujuan akhir dari Business itu sendiri,yang tentunya harus melalui rangkaian Proses Bisnis yang meliputi PLAN (Perencanaan ).DO (Pelaksanaan),CHECK(Monitoring &Supervisi) dan ACTION (Evaluasi & Diskusi cara untuk memperbaiki)

BUSINESS PROSESS (PDCA)

Plan (PDCA)

  • Mengembangakan rencana aksi termasuk standarisasi
  • Jangka panjang(3-5 th),Jangka pendek (Harian,mingguan,Bulanan,dan Tahunan)
  • Mengandung SMART(Spesific,Measurable,Achievable,Realistic,Timetable)

DO (PDCA)
  • Melakukan rencana yang sudah ditetapkan (harian)
  • Melakukan problem solving,coaching,counseling dan motivasi
Check (PDCA)
  • Memonitor perkembangan pencapaian atau cara kerja
  • Menonitor langsung kelapangan dan pembuktian hasil dari DO diatas
Action (PDCA)
  • Evaluasi terhadap pencapaian dan cara kerja
  • Membuat ukuran/standarisasi (baru),jika perlu membuat SOP baru
Contoh : SMART

SPESIFIC(JELAS) 

Apa yang dicontohkan harus jelas dan tidak mengambang/membinggungkan
Misalnya : Devinisi Hot Prospect,SPK,Delivery dsb

MEASURABLE(Dapat di ukur)
Misalnya : Target perhari (prospect,Hot prospect,Spk dsb)

ACHIEVABLE (Dapat dicapai)
Berdasarkan data yang pernah dicapai .Misalnya target laporan kunjungan 8/hari,So 4 unit/bulan dsb kalau membuat target jadi 15 kunjungan dan SO 10 unit/bulan tidak tercapai

REALISTIC (Realistis)
Tidak berlebihan mempertimbangkan kemampuan Salesman dan Market,namun jika tidak ada yang bisa mencapai berarti harus dilatih atau dibimbing.

TIMETABLE(Waktunya jelas)
Agar dapat di ealuasi/di review hasilnya.Contoh :Target dibuat  per minggu,Per Bulan,Per Tahun

TUGAS SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER DALAM -PLAN- (PDCA)
Adalah kegiatan yang menentukan ,karena dengan planning yang baik akan membantu seluruh team

1.Mengetahui mau kemana ,Ingin mencapai apa dan Bagaimana cara mencapainya?
2.Seluruh proses menjadi efektif dan efisien (tahu Budget,detail kegiatan,siapa PIC nya dsb)

TUGAS SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER DALAM- DO- (PDCA)
  • Membimbing dan memastikan semua Supervisor,Salesperson agar melakukan sesuatu sesuai yang sudah di rencanakan
  • Memotivasi agar team selalu semangat dan On track
  • Sales Head/Sales Manger/Branch Manger sebaiknya mengurangi melakukan tugas-tugas yang memang menjadi tugas pokok Supervisor/Salesperson
TUGAS SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER DALAM-CHECK-(PDCA)
Kegiatan monitoring kelapangan oleh Sales Head/Sales Manager/Branch Manager  mempunyai pengaruh yang besar dalam pelaksanaan dan motivasi Supervisor/Salesperson

Jenis-jenis kegiatan Check yang dilakukan Sales Head/Sales Manager/Branch Manager
  • Laporan tertulis pelaksanaan (DO nya)terhadap plan yang sudah di buat.Jika rajin memonitor laporan tertulis,maka bawahannya akan berusaha memberikan laporan dengan hasil yang terbaik(hati dengan laporan fiktif)
  • Melihat kegiatan lapangan (Mencari prospect,presentation ke customer dll) akan memberi pengaruh besar,karena bawahannya akan berusaha bekerja dengan mengunakan ke ahlian sepenuhnya agar mencapai taget yang sudah di tetapkan.
TUGAS SALES HEAD/SALES MANAGER/BRANCH MANAGER DALAM-ACTION-(PDCA)

  • Kegiatan yang bernilai tinggi,dimana Sales head/Sales manger/Branch Manager  harus melakukan evaluasi terhadap laporan kinerja,dan cara kerja (termasuk dilapangan) apakah sesuai di PLAN dan DO atau belum?
  • Jika di anggap belum sesuai dengan PLAN,maka harus melakukan REVIEW (Mengkaji kembali)PLAN nya,dan jika perlu melakukan perubahan pada PLAN dan DO nya.

1 komentar: