Minggu, 25 September 2016

APA ITU MARKET SHARE / PANGSA PASAR ?



Apa itu market share ?

Market share atau pangsa pasar adalah total penjualan merek kita dibandingkan total seluruh penjualan merek di suatu area dalam waktu tertentu atau seberapa kuat dan seberapa luas pengaruh atau dominasi produk kita di pasar di bandingkan dengan keseluruhan penjualan atau pemakaian atau pembelian atas produk yang sama.



Contoh :
100 mobil yang dibeli oleh para konsumen di kota Jogja 40 mobil adalah merek kita, ini berarti bahwa market share kita adalah 40% ( 40/100 x 100 % ). Berarti bahwa besarnya kekuatan dan pengaruh merek kita di pasaran Jogja adalah 40 % dari seluruh pasar mobil yang terjual di Jogya pada bulan berjalan. 

Jika pada bulan depannya (n+1) market share kita meningkat dari 40% menjadi 50%, apa kesimpulan anda ? apakah anda akan mengatakan bahwa jumlah penjualan mobil kita  meningkat dari 40 unit menjadi 50 unit ?

Belum tentu. Berhati-hatilah dalam membaca market share, karena ada berbagai kemungkinan yang dapat terjadi , kemungkinan : 

1.  Dari 100 mobil yang dijual di jogja 50 unit (bukan 40 unit lagi ) adalah mobil kita. Ini berarti total penjualan mobil tetap 100 unit,penjualan merek kita meningkat berarti ada perpindahan pembelian dari  mobil merek lain ke merek kita. 
Untuk kasus 1, contoh strateginya adalah : diadakan penambahan stock untuk lebih meningkatkan lagi perpindahan dari produk pesaing ke produk kita atau menambah team penjualan atau buka cabang baru untuk memperluas pasar dan lain-lain. 

2.  Terjadi penurunan market tetapi penjualan merek kita justru  naik karena Penjualan total mobil turun dari 100 unit ke 80 unit dimana penjualan mobil kita tetap 40 unit (40/80 x 100 % = 50 % ). 
Untuk kasus 2, strategi kita  dengan menjaga kwalitas produk,menjaga kepuasan pelangan,meningkatkan skill man power, menjaga Brand Image merek dan perusahaan,peningkatan aktifitas promosi ,menjaga perputaran stock (mencegah bad stock) memelihara harga dll. 

3.  Penjualan mobil keseluruhan di jogja turun dari 100 unit  menjadi 40 unit. penjualan merek  kita juga turun menjadi 20 unit,  (20/40 x 100% =  50 % ). 
Untuk kasus 3, tindakan dapat berupa pengurangan team penjualan, penghematan biaya, penutupan oulet/ cabang yang tidak potensial dan lain-lain. 



Dengan mengetahui hal-hal seperti contoh diatas, kita dapat menentukan tindakan-tindakan STRATEGIS (untuk jangka panjang). 


Dengan demikian jelas bahwa pengetahuan mengenai Market Share sangat diperlukan untuk menyusun rencana dan strategi jangka panjang dan justru untuk meningkatkan Market Share tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar