Dikatakan profesi hebat ,karena hidup matinya suatu perusahaan bisa di tentukan oleh tenaga penjualnya,sebagian besar perusahaan di dunia ini bisa sukses karena mempunyai tenaga penjual yang punya disiplin,integritas tinggi dan profesional
Dikatakan profesi Unik
karena sebagian besar masyarakat Indonesia belum percaya profesi salesman bisa menjadi sandaran masa depan,di masyarakat pun alergi kalau di datangi seorang sales,masyarakat selalu curiga jangan –jangan ini penipuan dsb nya,tapi salesman di suatu perusahaan jika selalu jualan hebat maka perusahaan tersebut akan sangat meng istimewa kan nya dibanding departement/bagian lain ,apapun yang dia minta BOSS akan selalu mengusahakan,tapi jika selalu jualan jelek sales tersebut derajatnya akan lebih rendah dibanding OB di perusahaan tersebut.
Dikatakan profesi menantang,
Karena sales yang jualannya jelek hidupnya di ujung tanduk,sewaktu waktu bisa dikeluarkan,tapi jika jualannya selalu bagus hidupnya bisa glamour dan karirnya akan lebih cepat dibanding bagian lain,bahkan bekas sales yang menduduki Top management banyak sekali.
Jadi jika kita ingin sukses di profesi salesman maka tahapan-tahapan yang harus di lalui yaitu :
- Seorang wiraniaga harus mengenali diri dan lingkup kerjanya sehingga memiliki visi dan goal yang sama.
- Seorang wiraniaga harus dapat memahami arti penting prospecting serta melaksanakannya secara sistematis dan konsisten
- Seorang wiraniaga harus dapat mengembangkan diri sendiri, baik skill dan knowledge agar jadi profesional
- Seorang wiraniaga harus selalu termotivasi dan menjadi The Best dibidangnya
PENGETAHUAN DASAR SALESMAN
a. Pengetahuan Tentang Perusahaan
b. Pengetahuan Tentang Produk
c. Pengetahuan Tentang Pasar
d. Pengetahuan Tentang Diri Sendiri
Pengetahuan Tentang Perusahaan
- Struktur Organisasi di perusahaan
- Sistem dan prosedur perusahaan
- Kebijakan keuangan; kredit, diskon, hadiah dan program
- Pelayanan purna jual; jaringan perbaikan dan suku cadang
- Administrasi sales; Surat Pemesanan Kendaraan, Tanda Terima Sementara,dll.
Pengetahuan Tentang Produk
a. Ciri-ciri produk dan pesaing
b. Spesifikasi dan Pengoperasian product
c. Prosedur perawatan ,guarantee dan Warranty claim
Pengetahuan Tentang Pasar
a. Segmen pasar, customer group sesuai produk
b. Kegiatan iklan dan promosi dari produk yang kita jual maupun pesaing
c. Harga MERK kita maupun pesaing
d. Kegiatan dan perkembangan pasar
Pengetahuan Tentang Diri Sendiri
a. Pakaian
b. Ucapan
c. Kesehatan \ Kebersihan diri
d. Perlengkapan penjualan : brosur, daftar harga, kalkulator, tas, dan sebagainya.
Jika anda tertarik menjadi salesman yang jago jualan bisa mengikuti artikel selanjutnya yaitu Salesman Sukses (bag 2) | PROSPECTING
CARA MASARIN MOBIL BIAR CEPAT LAKU GMNA YAK ??
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapushttps://web.facebook.com/Toyota-Surabaya-239777833131752/?modal=composer¬if_t=page_fan¬if_id=1498564149528256
BalasHapus