Rabu, 17 Oktober 2012

TOP 7 PRINCIPLES OF PROFESIONAL SALESMANSHIP | CUSTOMER SERVICE

1.Pahamilah customer anda
   (mampu menciptakan relationship yang baik dengan setiap customer)

Setiap pribadi itu unik,maka customer tidak bisa di layani dengan satu cara yang sama,harus ada sentuhan secara personal yang di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pribadi customer

2.Tunjukan jati diri anda
  (hargailah customer anda dan mereka akan menghargai anda juga)

Pelayanan SOP ( Standart  Operasional Perusahaan ) harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan customer masa kini dan masa depan,sehinga kita selalu terdepan dalam pelayanan terbaik di banding competitor

3.Jadilah pendengar yang baik bagi customer anda,untuk setiap pertannyaan yang anda ajukan
  (Salesman professional mengunakan waktunya 20% untuk berbicara dan 80%  mendengarkan)

Bukan customer yang memahami kita tapi kita lah yang harus mengerti apa keinginan customer,semakin banyak kita mendapat informasi apa yang di inginkan customer akan semakin mudah dan tepat kita memberi pelayanan yang terbaik bagi customer

4.Kemukakan FAB (Feature ,advantage,benefit)product kita
(Fitur product bersifat umum,sementara manfaat bersifat personal dan spesifik sesuai kebutuhan )

Semakin detail dan banyak  (Feature ,advantage,benefit) yang kita sampaikan akan mengurangi keberatan customer dalam masalah harga

5.Kemukakan keunikan  (Feature ,advantage,benefit) product kitaroduk Anda
  (identifikasi keunikan produk,perusahaan,dan diri Anda)
 
Semakin detail dan banyak keunikan (Feature ,advantage,benefit) yang kita sampaikan akan menambah respect customer terhadap kita karena menguasai product yang dijual dan akan mengurangi hambatan terhadap product competitor

6.Harga bukan satu-satunya faktor dalam proses penjualan
  (Hanya berfocus dengan harga,artinya salesman tidak diperlukan lagi)

a) Menguasai product knowledge mobil yang kita jual dan product competitor dari sisi kelebihan dan kekuranganya akan mengurangi resistensi terhadap harga
b) Kedekatan kita dengan customer juga akan mengurangi masalah harga

7.Jadilah Salesman yang professional setiap saat
  (Respon positif yang diberikan customer menggambarkan proffesinalitas Anda)
Repeat order dan refrensi yang di berikan customer pada kita adalah ukuran sejauh mana customer puas atau tidak dan apakah kita cukup profesional dimata customer

0 komentar:

Posting Komentar