MENCIPTAKAN &
MENGELOLA BRAND EQUTY
Esensi dari ilmu marketing adalah
memahami kebutuhan ,keinginan dan harapan customer.Betapa pentingnya faktor KONSUMEN
,sehingga marketer harus bisa menciptakan merek yang mempunyai ciri khas dan
arti tersendiri di benak customer.
Sebuah Brand dikatakan mempunyai customer base brand equity yang bagus apabila customer memberikan
respon yang positif terhadap suatu brand .Kunci dari suatu branding adalah
pelanggan bisa membedakan produk kita dengan jelas apabila dibandingkan dengan
competitor.
Ada tiga unsur yang penting
diferential effect, brand knowledge, dan consumer response to marketing:
- Pertama, brand equity muncul dan tercipta dari keberagaman respons konsumen. Jika tidak ada ciri khas atau sesuatu yang berbeda, maka brand suatu produk tidak akan bisa unggul di antara yang lain, dan akan dianggap generik/tidak ada bedanya dengan produk lain.
- Kedua, perbedaan respons kondumen ini adalah hasil dari pengetahuan yang dimiliki konsumen tentang produk Anda. Jadi, walaupun konsumen terus-menerus dibombardir oleh segala aktivitas marketing perusahaan-perusahaan, brand equity pada akhirnya hanya tergantung dari apa yang ada dibenak konsumen.
- Ketiga, perbedaan respons konsumen yang menciptakan brand equity tercemin pada persepsi, pilihan, dan perilaku konsumen yang berhubungan dengan semua aspek dari aktivitas pemasaran. Customer-based brand equity sendiri tercipta ketika konsumn sudah mempunyai awareness dan kepekaan yang tinggi dengan suatu brand tersebut dalam ingatan mereka.
Jadi, dengan menciptakan bran awareness
dan image positif dalam benak konsumen, maka kita akan mampu mengedukasi
konsumen sehingga dapat mempengaruhi
perilaku mereka dan menciptakan berbagai macam customer-based brand
equity.Dalam beberapa kasus ,brand awareness saja tidaklah cukup untuk
mendapatkan respon positif konsumen(misalnya dalam pengambilan keputusan
,biasanya konsumen hanya akan memilih mere-merek yang sudah familiar saja di
benak mereka)
Customer brand equity tercipta
karena ada perbedaan atau keragaman respon konsumen terhadap aktifitas
marketing ketika mereka konsumen sudah mengetahui merek tersebut.Biasanya
perbedan atau keragaman respon respon
tersebut akan tergantung pada seberapa besar penilaian positif konsumen terhadap
brand tersebut.
Terimakasih , bermanfaat :)
BalasHapus