APA ITU MARKETING
Marketing
adalah suatu proses panjang yang di mulai dari adanya kebutuhan masyarakat/
customer terhadap suatu produk baik berupa barang atau jasa yang di coba
dipenuhi oleh Marketer(perusahaan) dengan penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan
memuaskan kebutuahan masyarakat/ customer tersebut, tentunya dengan membuat
design produk unik yang berbeda, penetapan harga bisa diterima semua kalangan,
penyusuan strategi promosi yang mengena dan jalur distribusi yang mudah
diperoleh oleh masyarakat yang butuh barang atau jasa tersebut, perbedaan sales
dan marketing yaitu sales hanya menjadi salah satu bagian dari promosi atau
focus dalam penjualan saja, kurang memperhatikan faktor lain yang dapat
menunjang pemasaran.
Proses
dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia ini yang kemudian menjadi
konsep marketing yang dikenal dengan 4P:
· Product
· Price
· Place
·
Promotion.
Ke
empat faktor itu dikenal sebagai 4P bauran pemasaran atau marketing mix, dan
karena ilmu marketing bukanlah sebuah ilmu pasti maka teori bauran pemasaran
ini terus berkembang. Saat ini dikenal juga istilah 7P dimana selain 4P diatas
ditambah dengan People, Physical Evidence
dan Process.
Sedangkan
menurut Kotler dan Keller: Marketing is
an organizational function and a set
of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and
for managing customer relationships in ways that benefit the organization and
its stakeholders ( sebuah fungsi organisasi dan sekumpulan proses untuk
menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantarkan nilai kepada konsumen dan
membangun atau mengatur hubungan dengan konsumen untuk keuntungan perusahaan
dan pemegang saham).
Sedangkan
Marketing management : Marketing management is the art and science
of choosing target markets and getting, keeping and growing customers throught creating, delivering, and
communicating superior customer value ( seni dan ilmu memilih dan
mendapatkan target pasar, menjaga dan mengembangkan konsumen dalam
mengkomunikasikan nilai-nilai pelanggan). Jadi yang terpenting dalam marketing
( pemasaran adalah bagaimana kita seharusnya menghantarkan value dari sebuah
produk yang akan kita jual ke konsumen sehingga konsumen bisa merasakan manfaat
dari produk yang kita jual.
Kemudian
dalam strategi marketing, para pemasar selalu menjaga brand image produk yang
ditawarkan, sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena
sudah mengetahui kualitas produk dan image dari produk tersebut. Sedangkan
strategi sales adalah mereka tidak mementingkan menjaga brand image suatu
produk yang mereka jual, namun seorang sales yang terpenting adalah menawarkan
kepada pasar dengan cara memberikan informasi mengenai kelebihan produk yang
ditawarkan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya dan target penjualan
tercapai.
Strategi
marketing yang handal sehinga perusahaan mampu merencanakan strategi pemasaran
yang bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya,sehinga perusahaan bisa
menjual sesuai target dan perusahaan tersebut bisa tumbuh dan berkembang.
Semoga kita bisa menjadi Marketer yang professional Aamiin.
0 komentar:
Posting Komentar