Rabu, 25 Oktober 2017

APA ITU MARKETING ?



APA ITU MARKETING
Marketing adalah suatu proses panjang yang di mulai dari adanya kebutuhan masyarakat/ customer terhadap suatu produk baik berupa barang atau jasa yang di coba dipenuhi oleh Marketer(perusahaan) dengan penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan memuaskan kebutuahan masyarakat/ customer tersebut, tentunya dengan membuat design produk unik yang berbeda, penetapan harga bisa diterima semua kalangan, penyusuan strategi promosi yang mengena dan jalur distribusi yang mudah diperoleh oleh masyarakat yang butuh barang atau jasa tersebut, perbedaan sales dan marketing yaitu sales hanya menjadi salah satu bagian dari promosi atau focus dalam penjualan saja, kurang memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia ini yang kemudian menjadi konsep marketing yang dikenal dengan 4P:
·         Product
·         Price
·         Place
·         Promotion.
Ke empat faktor itu dikenal sebagai 4P bauran pemasaran atau marketing mix, dan karena ilmu marketing bukanlah sebuah ilmu pasti maka teori bauran pemasaran ini terus berkembang. Saat ini dikenal juga istilah 7P dimana selain 4P diatas ditambah dengan People, Physical Evidence dan Process.
Sedangkan menurut Kotler dan Keller: Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders ( sebuah fungsi organisasi dan sekumpulan proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantarkan nilai kepada konsumen dan membangun atau mengatur hubungan dengan konsumen untuk keuntungan perusahaan dan pemegang saham).
Sedangkan Marketing  management : Marketing management is the art and science of choosing target markets and getting, keeping and growing customers throught creating, delivering, and communicating superior customer value ( seni dan ilmu memilih dan mendapatkan target pasar, menjaga dan mengembangkan konsumen dalam mengkomunikasikan nilai-nilai pelanggan). Jadi yang terpenting dalam marketing ( pemasaran adalah bagaimana kita seharusnya menghantarkan value dari sebuah produk yang akan kita jual ke konsumen sehingga konsumen bisa merasakan manfaat dari produk yang kita jual.
Kemudian dalam strategi marketing, para pemasar selalu menjaga brand image produk yang ditawarkan, sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image dari produk tersebut. Sedangkan strategi sales adalah mereka tidak mementingkan menjaga brand image suatu produk yang mereka jual, namun seorang sales yang terpenting adalah menawarkan kepada pasar dengan cara memberikan informasi mengenai kelebihan produk yang ditawarkan sehingga konsumen tertarik untuk membelinya dan target penjualan tercapai.
Strategi marketing yang handal sehinga perusahaan mampu merencanakan strategi pemasaran yang bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya,sehinga perusahaan bisa menjual sesuai target dan perusahaan tersebut bisa tumbuh dan berkembang. Semoga kita bisa menjadi Marketer yang professional Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar