Apa itu market share ?
Market share atau pangsa pasar
adalah total penjualan merek kita dibandingkan total seluruh penjualan
merek di suatu area dalam waktu tertentu atau seberapa kuat dan seberapa luas
pengaruh atau dominasi produk kita di pasar di bandingkan dengan keseluruhan penjualan
atau pemakaian atau pembelian atas produk yang sama.
Contoh :
100 mobil yang dibeli oleh para
konsumen di kota Jogja 40 mobil adalah merek kita, ini berarti bahwa market
share kita adalah 40% ( 40/100 x 100 % ). Berarti bahwa besarnya kekuatan dan
pengaruh merek kita di pasaran Jogja adalah 40 % dari seluruh pasar mobil yang
terjual di Jogya pada bulan berjalan.
Jika pada bulan depannya (n+1)
market share kita meningkat dari 40% menjadi 50%, apa kesimpulan anda ? apakah
anda akan mengatakan bahwa jumlah penjualan mobil kita meningkat dari 40
unit menjadi 50 unit ?
Belum tentu. Berhati-hatilah dalam
membaca market share, karena ada berbagai kemungkinan yang dapat terjadi ,
kemungkinan :
1.
Dari 100 mobil yang dijual di jogja
50 unit (bukan 40 unit lagi ) adalah mobil kita. Ini berarti total penjualan mobil
tetap 100 unit,penjualan merek kita meningkat berarti ada perpindahan pembelian
dari mobil merek lain ke merek
kita.
Untuk kasus 1, contoh strateginya adalah : diadakan
penambahan stock untuk lebih meningkatkan lagi perpindahan dari produk pesaing
ke produk kita atau menambah team penjualan atau buka cabang baru untuk
memperluas pasar dan lain-lain.
2.
Terjadi penurunan market tetapi
penjualan merek kita justru naik karena Penjualan
total mobil turun dari 100 unit ke 80 unit dimana penjualan mobil kita tetap 40
unit (40/80 x 100 % = 50 % ).
Untuk kasus 2, strategi kita dengan menjaga kwalitas produk,menjaga
kepuasan pelangan,meningkatkan skill man power, menjaga Brand Image merek dan
perusahaan,peningkatan aktifitas promosi ,menjaga perputaran stock (mencegah
bad stock) memelihara harga dll.
3.
Penjualan mobil keseluruhan di jogja
turun dari 100 unit menjadi 40 unit.
penjualan merek kita juga turun menjadi
20 unit, (20/40 x 100% = 50 % ).
Untuk kasus 3, tindakan dapat berupa pengurangan team
penjualan, penghematan biaya, penutupan oulet/ cabang yang tidak potensial dan
lain-lain.
Dengan mengetahui hal-hal seperti
contoh diatas, kita dapat menentukan tindakan-tindakan STRATEGIS (untuk jangka
panjang).
Dengan demikian jelas bahwa
pengetahuan mengenai Market Share sangat diperlukan untuk menyusun rencana dan
strategi jangka panjang dan justru untuk meningkatkan Market Share
tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar