Jumat, 26 Oktober 2012

SALESMAN SUKSES (bag 4) | PERKENALAN


Pandangan pertama sangat mengoda,selanjutnya terserah anda.... atau Peribahasa tak kenal ,maka tak sayang,berlaku di dunia marketing,semakin kita tahu siapa customer kita? Semakin customer  tahu kwalitas pelayanan dan produk kita? akan semakin mudah kita membuat stretegi pelayanan dan pada akhirnya semakin mudah bagi kita menjual ke mereka.Jadi kita harus bisa memenangkan perhatian customer di setiap ada kontak dengan mereka kapan pun dan dimanapun... Menjalin pertemanan adalah kata kunci agara kita bisa diterima dilingkungan customer,dan yang perlu di perhatikan adalah :

  1. Cara Presentasi
  2. Tehnik Mendengarkan
  3. Tehnik Bertanya
  4. Tehnik Menjawab

    • PINTU INTRODUKSI
    • MATA
    • TELINGA


FAKTOR PENTING DALAM KOMUNIKASI

  •    BODY LANGUAGE
  •   PENAMPILAN
  •    GERAK-GERIK
  •    INTONASI
  •   GAYA BICARA
  •    KELANCARAN BICARA
  •    Metode Untuk Mendapatkan Perhatian Customer

    • Pembicaraan ke arah bisnis (Calon) Pelanggan.
    • Berkenaan dengan minat/ hobby, keluarga, kesenangan,  kebiasaan baik, dll.
    • Melalui pernyataan yang menarik bagi (Calon) Pelanggan
IDE TAMBAHAN
            Mengajukan Pertanyaan
            Menonjolkan Figur Terkenal
            Memakai Pihak Ketiga / Referensi
            Penghargaan
            Berita Terkini / Aktual 

Buka Pertanyaan Untuk Membangun Kedekatan
Ingat, kunci utama dalam penjualan adalah …

  • Membangun kedekatan
  • Proses pembelian akan mudah terjadi apabila faktor relationship (keakraban) dan        rapport (Kedekatan) yang positif berhasil dibangun oleh salesperson.          
  • Positive Attitude
                Cara Memberikan Dorongan Maju Kepada Customer

H   (HARGAI)      : Ucapkan kepada customer hal yang  perlu dihargai
A   (ALASAN)      : Berikan alasan dan buktinya
T   (TANYA)         : Tanya rahasia/kiat mencapai sukses
 I   (INSPIRASI)   : Ucapan customer adalah sumber inspirasi bagi wiraniaga                          
“Penghargaan & Komunikasi yang mengesankan adalah awal sukses kita”


9 RUMUS INTRODUKSI

  1. Hindari SOK
  2. Berikan penghargaan yang jujur dan tulus
  3. Bangkitkan keinginan berhasil
  4. Berikan perhatian yang sungguh-sungguh
  5. Selalu ramah dan senyum
  6. Ingat nama dan sebut dalam percakapan
  7. Jadilah pendengar yang aktif
  8. Bicarakan hal-hal yang menarik
  9. Buat dirinya merasa penting
Hal-hal yang perlu diperhatikan

BUKAN HAL BARU TETAPI CENDERUNG DISEPELEKAN

Penampilan yang baik dan Sopan
Attention yang singkat dan tidak bertele-tele 

HINDARI !!

          Memulai suatu pembicaraan dengan permintaan maaf
          Mengajukan pertanyaan dengan kata “Mungkin”
          Menyatakan bahwa anda kebetulan lewat, saat kunjungan.
          Memaksakan Jabatan Tangan.
          Duduk seenaknya, duduklah yang benar pada tempatnya.
          Merokok.
          Berdiri atau duduk terlalu dekat dengan Customer
          Mengunyah permen karet
          Bicara bisnis selagi ada kehadiran pihak ketiga yang tidak tertarik bisnis tersebut.

INGAT !

Kesan Pertama yang anda tampilkan adalah Kunci sukses untuk meneruskan langkah selanjutnya dalam pembicaraan
penjualan (Sales Talk) anda 


Jika anda tertarik menjadi salesman yang jago jualan bisa mengikuti  artikel selanjutnya yaitu Salesman Sukses (bag 5)

0 komentar:

Posting Komentar