Jadi jelas suatu produk akan berubah value nya jika
1) Produk itu dipresentasi dengan sangat sempurna
2) Produk itu di presentasikan oleh orang yang expert di bidang nya
Aktivitas untuk memperkenalkan produk terutama tentang MANFAAT, KEUNGGULAN ATAU KELEBIHAN dari produk tersebut yang dilakukan melalui pendekatan secara sistematis
“Melalui presentasi, KITA dapat menyakinkan (Calon) Pelanggan”
PEDOMAN PRESENTASIYour Product
Competitor’s product
PEDOMAN PRESENTASI
Know Your Customer
Who…………?
What ………?
How…………?
- Kenali hal-hal yang menarik dari (calon) pelanggan.
- Gunakan bahasa yang dimengerti (calon) pelanggan, bukan menggunakan bahasa teknis.
- Arahkan (calon) pelanggan untuk mencoba secara leluasa dan meneliti semua instrument serta kelengkapan yang ada
- Pastikan pengaman sudah terkunci customer ingin mencoba product
- Gunakan teknik Feature Advantage Benefit (FAB) sesuai dengan karakter (calon) pelanggan
- Mengetahui kebutuhan pembeli
- Mengingatkan kembali akan kebutuhan pembeli
- Hanya mempresentasikan hal hal yang sesuai dengan kebutuhan pembeli dan keuntungan yang bisa diperoleh.
PERSIAPAN
- Unit siap pesta
- Atur tempat duduk
- Berdiri pada posisi “pandangan keseluruhan”
- Tiap type punya sudut pandang terbaik
- Jelaskan 1 s/d ….spec yang merupakan keunggulan product
- Amati reaksinya ! dan Close ?
Presentasi sebaiknya dilakukan secara komunikatif (mata, mulut, telinga, rasa, hidung) dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti”
HAL YANG PERLU DIDUKUNG :
- Pernyataan kebutuhan customer yang dapat dipuaskan oleh keuntungan product Anda.
- Komentar yang mendukung product atau perusahaan Anda.
- Pernyataan yang bersifat negatif dan tidak mendukung Product ataupun Perusahaan Anda (termasuk mendukung product pesaing).
- Pernyataan kebutuhan customer yang tidak dapat dipuaskan oleh keuntungan Product Anda.
- “ Tapi……tapi..”
- “ Mungkin “
- “ Kira kira “
- Menggurui customer
- Menjelekkan product kompetitor
SIX POSITIONS WALKING AROUND (SPWA)
Posisi penjelasan sehingga (Calon) Pelanggan dapat melihat keseluruhan produk
BENEFIT TALKPercakapan yang mengiringi untuk menunjukan manfaat yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan (Calon) Pelanggan.
DEMO PRODUK/TEST DRIVE
Pembuktian dari Benefit Talk.
APA SAJA YANG DISAMPAIKAN DALAM SPWA ?
- Feature (Fitur) : Fitur yang ada pada produ, Contoh : compact design
- Advantage (Keuntungan): Kelebihan produk ,Contoh : tingkat manuver yang tinggi
- Benefit (Manfaat): Manfaat yang di dapat oleh pemakai Contoh : di tikungan yang sempit bisa memutar dengan mudah
Jika anda tertarik menjadi salesman yang jago jualan bisa
mengikuti artikel selanjutnya yaitu
Salesman Sukses (bag 7) | MENUTUP PENJUALAN
Mantap artikel marketing ijin nyimak gan
BalasHapus