Rabu, 24 Oktober 2012

SALESMAN SUKSES (bag 6) | PRENSENTASI PRODUK

Makanan enak akan terasa enak kalau kita pandai menyajikannya,jika makan itu disajikan di hotel berbintang maka makanan tersebut dikatakan makanan yang ber Klas walaupun bahan dasarnya sama seperti di warteg,jika makanan itu di presentasikan oleh orang-orang yang expert di bidangnya maka makanan itu jadi sangat mahal. 
Jadi jelas suatu produk akan berubah value nya  jika 
1) Produk itu  dipresentasi dengan sangat sempurna 
2) Produk itu di presentasikan oleh orang yang expert di bidang nya

Aktivitas untuk memperkenalkan produk terutama tentang MANFAAT, KEUNGGULAN ATAU KELEBIHAN dari produk tersebut yang dilakukan melalui pendekatan secara sistematis

“Melalui presentasi, KITA dapat menyakinkan (Calon) Pelanggan”
PEDOMAN PRESENTASIYour Product
Competitor’s product

PEDOMAN PRESENTASI

Know Your Customer
Who…………?
What ………?
How…………?
  1. Kenali hal-hal yang menarik dari (calon) pelanggan. 
  2. Gunakan bahasa yang dimengerti (calon) pelanggan, bukan menggunakan bahasa teknis.
  3. Arahkan (calon) pelanggan untuk mencoba secara leluasa dan meneliti semua instrument serta kelengkapan yang ada 
  4. Pastikan pengaman sudah terkunci customer ingin mencoba product
  5. Gunakan teknik Feature Advantage Benefit (FAB) sesuai dengan karakter (calon) pelanggan
WIIFM..…(What’s In It For Me)
  • Mengetahui kebutuhan pembeli
  • Mengingatkan kembali akan kebutuhan pembeli
  • Hanya mempresentasikan hal hal yang sesuai dengan kebutuhan pembeli dan keuntungan yang bisa diperoleh.
PELAKSANAAN PRESENTASI PRODUK

PERSIAPAN
  • Unit siap pesta
  • Atur tempat duduk
PELAKSANAAN
  •   Berdiri pada posisi “pandangan keseluruhan”
  •  Tiap type punya sudut pandang terbaik
  •  Jelaskan 1 s/d ….spec yang merupakan keunggulan  product
  •  Amati reaksinya ! dan Close ?
APA SAJA YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA PRESENTASI?
Presentasi sebaiknya dilakukan secara komunikatif (mata, mulut, telinga, rasa, hidung) dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti”

HAL YANG PERLU DIDUKUNG :
  • Pernyataan kebutuhan customer yang dapat dipuaskan oleh keuntungan product Anda.
  • Komentar yang mendukung product atau perusahaan Anda.
HAL YANG TIDAK PERLU DIDUKUNG :
  • Pernyataan yang bersifat negatif dan tidak mendukung Product ataupun Perusahaan Anda (termasuk mendukung product pesaing).
  • Pernyataan kebutuhan customer yang tidak dapat dipuaskan oleh keuntungan Product Anda.
HINDARI MENGGUNAKAN KATA-KATA :
  • “ Tapi……tapi..”
  • “ Mungkin “
  • “ Kira kira “
  • Menggurui customer
  • Menjelekkan product kompetitor
Yang Diharuskan Dalam Presentasi Produk

SIX POSITIONS WALKING AROUND (SPWA)

Posisi penjelasan sehingga (Calon) Pelanggan dapat melihat keseluruhan produk

BENEFIT TALKPercakapan yang mengiringi untuk menunjukan manfaat yang disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan (Calon) Pelanggan.

DEMO PRODUK/TEST DRIVE
Pembuktian dari Benefit Talk.

APA SAJA YANG DISAMPAIKAN DALAM SPWA ?
  • Feature (Fitur) : Fitur yang ada pada produ, Contoh : compact design
  • Advantage (Keuntungan): Kelebihan produk ,Contoh : tingkat manuver yang tinggi
  • Benefit (Manfaat): Manfaat yang di dapat oleh pemakai Contoh : di tikungan yang sempit bisa memutar dengan mudah



Jika anda tertarik menjadi salesman yang jago jualan bisa mengikuti  artikel selanjutnya yaitu Salesman Sukses (bag 7) | MENUTUP PENJUALAN


1 komentar: