Jumat, 30 November 2012

APLIKASI PRAKTIS BENEFIT SEGMENATATION DI PERUSAHAAN INDONESIA



PENERAPAN BENEFIT SEGMENTATION DI INDONESI
Perusahan-perusahan di Indonesia relatif lebih sedikit menerapkan benefit segmentation ,Padahal dinegara-negara maju aplikasi benefit segmentation sudah lama di terapkan. Apa itu benefit segmentation ? prinsip benefit Segmentation  adalah membagi pasar berdasarkan manfaat yang akan diperoleh oleh customer atau produk-produk tersebut dicari oleh customer, karena memang customer membutuhkan benefit produk-produk tersebut.

Benefit adalah semua keuntungan dan kepuasan yang diperoleh oleh customer dalam menggunakan atau mengkonsumsi  suatu produk atau jasa.Pertanyaannya adalah dalam penerapan benefit segmentation “ Benefit Apa yang di berikan oleh produk ini kepada Customer ?”

Marketer atau Manger  yang sangat antusias dalam mengunakan strategi benefit segmentation ini berpendapat bahwa cara segmentasi berdasarkan benefit ini jauh lebih baik dari segmentasi demografi.Dengan mengunakan benefit segmentation ini ,kebutuhan dan keinginan konsumen atau customer dapat di indentifikasi lebih jelas sehinga strategi pelayanan total ke konsumen bisa langsung di rasakan dan konsumenpun akan lebih terpuaskan.

Disamping tersebut diatas penerapan benefit segmentation ini mengajak para manager memahami perilaku dan kebutuhan customer dan juga memberi inspirasi bagi para manager untuk mendapatkan peluang dan membuat strategi terobosan- terobosan baru.Seharusnya semua perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia ,sudah berani mengaplikasikan benefit segmentation ini serta bisa mengali potensi penggunaan benefit segmentation.

Dengan mengetahui segmen=-segmen yang ada berdasarkan berdasarkan benefit yang dicari ,kemudian perusahaan –perusahaan tersebut dapat memutuskan untuk menentukan target market dan kemudian mendesain produk sesuai dengan benefit yang di cari konsumen.

Sepintas kita dapat melihat bahwa cara-cara benefit segmentation ini lebih dekat dengan perilaku pembelian konsumen,di banding dengan cara-cara segmentation demografi,misalnya,dalam hal segmentasi tingkat pendapatan .sama-sama orang kaya tapi belum tentu memilih mobil yang sama.Karena tiap-tiap merek mobil mencoba memberikan benefit yang lebih baik di banding competitor atau merel lain.

Setelah kita tahu manfaat-manfaat beserta tingkat kepentingan dari benefit tersebut,kita dapat memutuskan segmen manakah yang akan dipilih sebagai target market produk yang kita pasarkan.

Penerapan benefit segmentation tidak bisa berdiri sendiri –sendiri,dalam aplikasi praktis benefit segmentation ini tidak dapat digunakan tanpa melibatkan cara-cara segmentasi yang lain.Itulah sebabnya perusahaan-perusahaan yang mengaplikasikan benefit segmentation tetap mengunakan dan mengkombinasikan hasilnya dengan cara segmentasi demografis.

1 komentar:

  1. ##MAU CEPATTT KAYA INI JURUSNYA DARI
    ABAH RICO GANTENG##

    ****PINJAMAN UANG INFO 24 JAM NONTOP GAN****

    ….JAMINAN BPKB MOBIL MOTOR MULAI DARI 2 JUTA SD 1 MILYAR….

    AYO PINJAM UANG JAMINAN BPKB KENDARAAN ANDA BROOOOO >>>>>>

    info 021.95000.337, 021.95000.650, 085768293132 RICO ARIA ROBEN

    pinjaman uang jaminan bpkb mobil
    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/04/pinjaman-uang-bpkb-mobil-motor.html

    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/08/pinjaman-uang-jaminkan-bpkb-mobil.html

    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/06/tempat-gadai-bpkb-mobil-atau-motor.html
    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/06/tempat-pinjaman-uang-jaminan-bpkb-motor.html

    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/04/dana-tunai-bpkb-mobilmotor.html

    http://pinjamanuangbpkbmobildepok.blogspot.com/2014/06/tempat-pinjaman-uang-jaminan-bpkb-motor.html

    BalasHapus