Kamis, 01 November 2012

BRAND ITU BERNAMA JOKOWI | MEMBANGUN MERK



Jokowi adalah seorang marketing genius,Jokowi saat itu adalah merk yang seksi ,Dia sadar bahwa namanya adalah Super Brand yang sangat laku dijual,Dia tahu apa yang harus dilakukan untuk mengambil hati masyarakat kecil yang jumlahnya mencapai 80% penduduk DKI,Keberhasilan-keberhasilan di Solo dia coba tawarkan ke masyarakat DKI,Disini Promosi bellow the line di eksekusi dengan sukses.
Team sukses JOKOWI melakukan mapping area dan memfollow up dengan cara Door to door dari pasar ke pasar,dari  kampung kekampung ,Dan tidak kalah pentingnya strategi cerdas menjual merk Jokowi yang berpembawaan  santun,sederhana,dekat dengan rakyat,dan tidak punya cela politik maupun cela hukum, Merk Jokowi dijual pada moment yang tepat dimana masyarakat butuh sosok pemimpin merakyat ,masyarakat semakin cerdas menilai calon pemimpinya dan mayarakat jakarta mencoba mencari  alternatif  pemimpin baru guna memecahkan masalah Jakarta yang macet,banjir,buruknya transportasi dll.

STRATEGI  JOKOWI :

1.MENJUAL BRAND

Brand Jokowi semata-mata  tidak bergantung dengan Partai politik tapi justru  Partai Politik butuh Merk Jokowi sebagai  ICON partai. Membangun merk JOKOWI tidak ujuk-ujuk kuat  dengan sendirinya  butuh waktu yang cukup lama,Jokowi sudah mempersiapkan nya jauh-jauh hari ,dari membangun kedekatan dengan pedagang kecil, keberhasilan menyederhanakan prosedur pembuatan KTP di Solo  yang dulunya bisa berminggu sekarang hanya butuh satu jam,keberhasilan merelokasi PKL dengan damai tanpa dipukuli,ikut mengawal pembuatan mobil ESMEKA yang jadi Topik Nasional dll . itulah kekuatan Brand JOKOWI sehinga layak di jual di Masyarakat DKI

2.MAKAN BUBUR PANAS

JOKOWI  dan team suksesnya tahu bahwa mengalahkan Incumbent  tidaklah  mudah  apalagi kalau competitor Jokowi adalah Putra Daerah yang punya akar yang cukup kuat,cara yang di lakukan adalah dengan cara menyisir dari pingir karena kalau langsung di pusatnya resitensinya cukup besar (Strategi makan bubur panas ,makan dari pinggir dulu baru ketengah) ternyata benar kaum pinggiran menerima Jokowi apa adanya walaupun bukan putra daerah.Setelah daerah pinggir sudah tercover dengan baik , baru head to head dengan competitor di Market mereka

3.GETOK TULAR( DARI MULUT KE MULU)

Jokowi mengunakan Strategi wong ndeso, yaitu strategi “Getok tular” dimana dengan sendirinya orang akan mengatakan baik kalau kita berbuat baik,sehinga kebaikan kita otomatis akan di ceritakan dari mulut kemulut keorang lain lagi ,tanpa kita meminta apalagi membayar, dengan cara  mengandalkan kepercayaan orang di sekitarnya ,inilah Uniknya Merk Jokowi sebagai pembeda dengan Brand competitor . Mesin politik partai competitor tidak mampu membendung promosi dari mulut-kemulut ,yang memang terbukti punya kekuatan luar biasa melebihi strtegi promosi apapun karena disana ada Testimony,ada bukti nyata yang bisa dilihat dan dirasakan,dan biasanya orang yang mengalami akan menjadi Jurkam yang fanatik dan efektif

Strategi JOKOWI  yang fenomenal ini akan menjadi panutan di kemudian hari,Siapa yang mau menduplikasi strategi ini?.Moggo Silahkan.........

0 komentar:

Posting Komentar