POSITIONING IS ABOUT
COMMUNICATION WITH MARKET
“POSITIONING IS NOT ABOUT
WHAT YOU DO TO PRODUCT,POSITIONING IS WHAT YOU DO THE MAIND OF THE
PROSPECT...” (JACK TROUT AND AL RIES)
Banyak sekali produk yang setelah di komunikasikan ke konsumen,baik via TV Comm atau via media lain ,ternyata di
benak konsumen mempunyai makna posioning sendiri , berbeda dengan positioning yang di
inginkan oleh perusahaan yang membuat produk ,selama positioning tersebut punya citra baik,tidak
keluar dari pakemnya dan bisa
meningkatkan penjualan biasanya perusahaan akan mengadopsi positioning baru
tersebut.
Misalnya : Mobil Merek Volvo yang di asosiasikan mobil
pejabat,
Minuman ber Energi di asosiasikan Minuman menambah kekuatan /kejantanan
Pria.
Positioning adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh
dalam dunia marketing,perang pemasaran yang sesunguhnya baru di mulai pada
tahap ini.dimana manager harus bisa menanamkan citra,imajinasi,persepsi dan
rasa pada product yang di pasarkan melalui proses komunikasi yang baik.
Rhenald kasali guru besar manajemen pemasaran Universitas
Indonesia, mengatakan positioning adalah strategi komunikasi untuk
memasuki jendela otak konsumen,agar produk/jasa/merek kita
yang mengandung arti tertentu yang dalam beberapa segi mencerminkan ke unggulan terhadap produk/jasa /merek dalam
hubungan yang asosiatif.
Dari definisi ini diketahui bahwa positioning bukanlah
merupakan cara yang dilakukan untuk menghasilkan produk,tetapi positioning
adalah sesuatu yang dilakukan pada pikiran konsumen.Berbicara tentang pikiran
konsumen tentu bukanlah hal yang mudah bagi seorang marketer untuk
mempengaruhinya.Apalagi di zaman Internet seperti sekarang ini .konsumen kebanjiran informasi ,dimana setiap
detik selalu produk baru. Bagaimana usaha Maeketer agar merek/produk nya
dipersepsi secara kuat dan berbeda di benak konsumen.
JahjaB.Soenarjo ,Chief Consulting Dirextion,Mengatakan, “
Gagal tidaknya positioning tergantung pada komunikasi pemasarannya” dan hal utama
yang harus di perhatikan adalah “Being what” yang akan di sampaikan agar
menjadi asosiasi yang kuat bagi meek yang di dukung dengan diferensiasi dan komunikasi pemasaran .
Salah satu saluran komunikasi yang sering digunakan adalah
lewat iklan di media massa,yang mana iklan ini akan di konkritkan lagi dengan
slogan dan Tagline untuk menggambarkan posisi produknya.sehinga tidak heran
jika yang terjadi adalah perang slogan dan Tagline sesama competitor.
Misalnya,Air Asia yang memosisikan diri sebagai Low cost
airline dan mengkomunikasikan nya dengan tagline “Setiap orang bisa terbang” Kalimat ini di munculkan
pada setiap iklan Air Asia sehinga jika ada yang menyebutkan “Semua orang bisa
terbang “ maka yang terbayang di benak konsumen adalah Air Asia dengan tiket
murahnya.
Bagaimana melakukan positioning yang baik ? Secara garis
besar,ada dua pendekatan yaitu :
1) Specifikc positioning
Merupakan cara yang dilakukan dengan menciptakan hubungan antara
produk dengan astribut kunci dan manfaat produk di benak konsumen.misalnya,Pepsoden dengan Zincitrat
dan Triclosan yang di anggap mampu memelihara kesehatan gigi dan gusi.
2) Competitive positioning
Merupakan cara bagaimana merek di posisikan sebagai sesuatu
yang relatif terhadap pesaing.misalnya,Minyak goreng Tropical yang di posisikan
minyak goreng yang di buat dengan dua kali penyaringan yang lebih sehat dari
competitornya.
Selain dua pendekatan tersebut diatas ,Marketer harus tahu
posisi produk yang di hasilkan didalam benak konsumen.Marketer harus melepas
egonya dan biarkan konsumen menilai berdasarkan kaca mata mereka,kalau ternyata
berbeda tapi justru lebih baik Way not...?
Misalnya seseorang mau membeli mobil keluarga ,Mereka memutuskan membeli Suzuki ERTIGA, Mengapa ERTIGA?Karena menurut Mereka ERTIGA model baru yang bisa memenuhi kebutuhan mereka
.Berarti di benak konsumen Mobil Suzuki Ertiga adalah mobil keluarga dengan
model terbaru.
Besarnya fungsi dan peranan positioning ,membuat para
marketer berlomba-lomba membuat iklan-iklan yang menarik untuk produk mereka
dan tidak sedikit juga dari mereka yang mengubah tema iklan mereka setiap
bulannya.Tujuannya semata-mata agar bisa membangun sebuah sebuah emosi dan
persepsi konsumen sehinga penjualannya meningkat dan merek mereka akan bertahan
selamanya ,walaupun di gempur habis-habisan oleh competotor-competitornya.
mitsubishi pajero, mirage, outlander dan delica, l300, ts120, fuso, cold diesel, dp hanya 8 jtan, angsuran 2 jtan hub rudy 085780711445
BalasHapus