Rabu, 09 Januari 2013

ENDORSER SELEBRITY SEBAGAI OPINION LEADER SUATU MEREK



ENDORSER ARTIS/PELAWAK/PESINETRON/OLAH RAGAWAN/TOKOH AGAMA/TOKOH POLITIK  SEBAGAI OPINION LEADER

Kepercayaan konsumen terhadap merek yang diiklan oleh  Endorser selebrity,tergantung juga terhadap personal branding selebrity itu sendiri,maka sebaiknya nya kita pandai memilih Endorser selebrity agar citra positif merek terangkat oleh image yang melekat pada Selebrity yang menjadi endorser merek iklan kita.Jangan sampai kita memilih Selebrity yang Image personal abu-abu,bisa-bisa merek kita akan jelek citranya.

Harus diakui bahwa peran selebrity dalam membentuk dan menguatkan image memerlukan usaha serta komitmen yang lebih besar.Yang paling sulit adalah menjaga keseimbangan antara karakter Selebrity yang menjadi Endorser dengan Merek yang di iklankan.Skandal yang menimpa selebrity tentunya akan menjadikan ancaman bagi citra merek.

Beberapa kasus skandal selebrity membuat perusahaan pemegang merek harus hati-hati memilih endorser dari para selebrity dan berpikir ulang untuk mengunakan mereka.Jika melihat pergeseran image yang melekat pada seorang selebrity ,selalu ada yang melorot pamornya dan kehilangan kekuatan value untuk bisa mengangat citra suatu merek.

Pergeseran image yang terjadi pada diri mereka bisa jadi karena pergeseran dinamika dari personal branding.Dibandingkan dengan produk,Manusia mempunyai fluktuasi branding yang lebih tinggi,atau dengan kata lain lebih mempunyai kestabilan yang lebih rendah.

Endorser selebrity sebagai opinion leader harus bisa berkomunikasi tentang merek dengan publik secara totalitas .opinion leader ini berperan dalam memberiakan informasi pada orang lain,fungsinya sebagai pelaku persuasi,dan pemberi informasi,Tapi perusahaan harus memilih endorser yang cocok untuk menyampaikan pesan iklan yang di inginkan kepada target audience ,sehingga pesan tersebut sampai pada konsumen yang membentuk sebuah opini

Penggunaan Endorser Selebrity di harapkan dapat memberikan asosiasi positif antara endorser dengan merek.asosiasi tersebut secara sederhana dapat muncul dalam benak pemikiran atau citra tertentu yang dikaitkan pada suatu merek.

Selebrity adalah salah satu pilihan untuk dijadikan Endorser,selain artis ,markerter juga mengunakan jasa –jasa:Tokoh agama,tokoh politik,pakar suatu bidang,tokoh terkenal,olah ragawan dll sebagai Endorser,Bahkan tokoh-tokoh kartun pun juga ada yang dijadikan Endoser suatu merek.

Penggunaan orang –orang terkenal seperti selebrity sebagai endorser diyakini oleh sebagian marketer sangat efektif meningkat citra suatu merek.Terlihat banyak suatu merek yang menggunakan artis terkenal sebagai bintang iklannya.

Tapi tidak sedikit pengunaaan bintang film hanya sebagai daya tarik awal,ketimbang memperhatiakan cerminan personaliatas produk secara keseluruhan .para Artis digunakan agar terlihat lebih stand out dibanding yang lain,itulah sebabnya artis yang sedang booming cenderung menjadi incaran para marketer untuk menjadi bintang iklan produk mereka.

0 komentar:

Posting Komentar