ENDORSER ARTIS/PELAWAK/PESINETRON/OLAH RAGAWAN/TOKOH AGAMA/TOKOH POLITIK SEBAGAI OPINION
LEADER
Kepercayaan
konsumen terhadap merek yang diiklan oleh Endorser selebrity,tergantung juga terhadap
personal branding selebrity itu sendiri,maka sebaiknya nya kita pandai memilih
Endorser selebrity agar citra positif merek terangkat oleh image yang melekat
pada Selebrity yang menjadi endorser merek iklan kita.Jangan sampai kita
memilih Selebrity yang Image personal abu-abu,bisa-bisa merek kita akan jelek
citranya.
Harus diakui
bahwa peran selebrity dalam membentuk dan menguatkan image memerlukan usaha
serta komitmen yang lebih besar.Yang paling sulit adalah menjaga keseimbangan
antara karakter Selebrity yang menjadi Endorser dengan Merek yang di iklankan.Skandal
yang menimpa selebrity tentunya akan menjadikan ancaman bagi citra
merek.
Beberapa kasus skandal selebrity membuat perusahaan pemegang merek harus
hati-hati memilih endorser dari para selebrity dan berpikir ulang untuk
mengunakan mereka.Jika melihat
pergeseran image yang melekat pada seorang selebrity ,selalu ada yang melorot
pamornya dan kehilangan kekuatan value untuk bisa mengangat citra suatu merek.
Pergeseran
image yang terjadi pada diri mereka bisa jadi karena pergeseran dinamika dari
personal branding.Dibandingkan dengan produk,Manusia mempunyai fluktuasi
branding yang lebih tinggi,atau dengan kata lain lebih mempunyai kestabilan
yang lebih rendah.
Endorser selebrity
sebagai opinion leader harus bisa berkomunikasi tentang merek dengan publik
secara totalitas .opinion leader ini berperan dalam memberiakan informasi pada
orang lain,fungsinya sebagai pelaku persuasi,dan pemberi informasi,Tapi
perusahaan harus memilih endorser yang cocok untuk menyampaikan pesan iklan
yang di inginkan kepada target audience ,sehingga pesan tersebut sampai pada
konsumen yang membentuk sebuah opini
Penggunaan Endorser Selebrity di harapkan
dapat memberikan asosiasi positif antara endorser dengan merek.asosiasi
tersebut secara sederhana dapat muncul dalam benak pemikiran atau citra
tertentu yang dikaitkan pada suatu merek.
Selebrity adalah
salah satu pilihan untuk dijadikan Endorser,selain artis ,markerter juga
mengunakan jasa –jasa:Tokoh agama,tokoh politik,pakar suatu bidang,tokoh
terkenal,olah ragawan dll sebagai Endorser,Bahkan tokoh-tokoh kartun pun juga
ada yang dijadikan Endoser suatu merek.
Penggunaan orang –orang terkenal seperti
selebrity sebagai endorser diyakini oleh sebagian marketer sangat efektif
meningkat citra suatu merek.Terlihat banyak suatu merek yang menggunakan artis
terkenal sebagai bintang iklannya.
Tapi tidak
sedikit pengunaaan bintang film hanya sebagai daya tarik awal,ketimbang
memperhatiakan cerminan personaliatas produk secara keseluruhan .para Artis
digunakan agar terlihat lebih stand out dibanding yang lain,itulah sebabnya
artis yang sedang booming cenderung menjadi incaran para marketer untuk menjadi bintang iklan produk mereka.
0 komentar:
Posting Komentar