DEDDY MIZWAR, AGNES
MONICA, SULE, KOMENG, ANDRI TAULANI, DIAN SATROWARDOYO, TUKUL ARWANA, RAFFI AHMAD,
WIDYAWATI,AHMAD DANI, SHIREEN SUNGKAR,AZIZ GAGAP,IWAN FALES, NUNUNG SRIMULAT,BAIM
WONG,DIDI PETET,TAMARA BLEZYNSKI, ANANG-ARSANTI, BUNGA CITRA LESTARI,CHOKY
SITOHANG, TANTOWI YAHYA,HELMI YAHYA,OLGA SAPUTRA, DESI RATNASARI,OMES,ALLYSSA
SOEBANDONO, GRUP UNGU, GRUP GIGI, GRUP SLANK,GRUP WALI, SYAHRINI, ZASKIA MECCA, RANO KARNO,ALMARHUM BENYAMIN S,INNEKE KOESHERAWATI, OPICK, DUDE
HERLINO,TEUKU WISNU,ROMA IRAMA, RUDI HARTONO, LIEM SWIE KING,TITI KAMAL.NIKITA
WILLY,LYDIA KANDAU, ROY MARTEN, LUNA MAYA, DARIUS SINARTHYA, ANJAS ASMARA DLL
Deretan nama-nama Sejumlah artis ,pesinetron, pelawak, dan olah ragawan tersebut diatas adalah Endorser pada merek-merek terkenal di Indonesia.
Endoser yang sukses boleh saja terkenal.Tapi,sebaiknya
dia tidak melakukan Over-Powering merek maupun produk yang berakibat konsumen lebih
ingat endorsernya dari pada produk/ merek yang di iklankannya
Pengunaan Endorser adalah untuk
peningkatan penjualan yang datang dari kesadaran dan citra merek yang bagus.Tapi
,Endorser bukan satu-satunya cara untuk meningkatan kesuksesan sebuah merek.Khusus
untuk produk kecantikan biasanya Endorser dipilih atas pertimbangan kesesuaian
fisik dan kepribadian Endorser ,dengan atribut-atribut yang di proyeksikan
sesuai karakter produk-produk kosmetik.
Kebanyakan pemilik merek mengunakan jasa
endorser yang sudah terkenal untuk mendapatkan perhatian konsumen.Kreteria utama seorang endorser adalah Kredibilitas dan
daya tarik, kredibilitas ini menyangkut dua point utama yaitu :
a.Seorang
Endorser harus bisa dipercaya (Baik dia Selebrity .orang terkenal atau orang
biasa
b.Seorang
Endorser harus mempunyai keahlian tertentu yang berbeda dengan orang pada
umumnya.
Daya tarik seorang Endorser
terletak pada faktor familiernya,karena saat kita memakai selibrity atau orang
terkenal ,tidak lain untuk membangun kepercayaan publik.Agar supaya ada orang ketiga yang memberi testimoni merek produk
tersebut,ini lebih baik dari pada pemilik sendiri yang berkomunikasi dengan
publik.Sebaiknya ada korelasi jelas antara endorser dengan produknya agar “
Pesan komunikasi para endorser tersebut sampai di benak publik,sehinga terjadi
komunikasi penuh makna “
Sebagian Marketer ada yang
berpendapat mengunakan Endoser Selebrity hanya buang-buang dana promosi,apalagi
kalau selebrity tersebut cenderung pasif dalam membantu pengembangan sebuah
merek.Belum lagi masalah kontrak dan personality yang kurang dalam keseharian
mereka
Namun buat Marketer lain berpendapat berbeda,Bahwa peran selebrity dalam
mengangkat merek mereka begitu besar.Itulah sebabnya ,kita bisa melihat
selebrity yang sudah lebih 10 tahun menjadi Endorser sebuah merek.Yang paling
penting kesesuaian endorser dengan produknya,ada korelasi langsung antara
selebrity dengan produk yang dikomunikasikan ke publik.Dalam hal ini
,kredibilitas lebih penting dari pada daya tarik.
Dalam
komunikasi ,Endorser dapat dijadikaan Sebagai simber refrensi. Skema peranan
endorser adalah :
1. Membangun
attention dan awareness publik
2. Membangun
pemahaman akan Merek /produk
3. Membangun
disire publik terhadap merek /produk
4. Mendorong
publik untuk membeli produk/merek
Peran komunikasi perusahaan
penting sekali,khususnya jika ada kasus.misalnya mobil merek FORD yang sedang
melakukan penarikan mobilnya ,CEO Ford turun tangan sendiri untuk berkomunikasi
dengan konsumen.Dia bercerita tentang sejarah Ford yang justru mengundang
simpati publik.
Peranan
endoser dalam berkomunikasi sangatlah penting ,kebutuhan mendongkrak MEREK
dengan endorser ini sudah berusia seratus tahun,dimulai pada tahun 1800-an di
Amerika serikat ,suatu perusahaan rokok mengunakan jasa endorser ,karena
hasilnya positif maka banyak perusahaan mengunakan cara yang sama sampai
sekarang ini
0 komentar:
Posting Komentar