Senin, 07 Januari 2013

MEREK DENGAN ENDORSER SELEBRITY | BINTANG FILM / PELAWAK / PESINETRON /PENYANYI



DEDDY MIZWAR, AGNES MONICA, SULE, KOMENG, ANDRI TAULANI, DIAN SATROWARDOYO, TUKUL ARWANA, RAFFI AHMAD, WIDYAWATI,AHMAD DANI, SHIREEN SUNGKAR,AZIZ GAGAP,IWAN FALES, NUNUNG SRIMULAT,BAIM WONG,DIDI PETET,TAMARA BLEZYNSKI, ANANG-ARSANTI, BUNGA CITRA LESTARI,CHOKY SITOHANG, TANTOWI YAHYA,HELMI YAHYA,OLGA SAPUTRA, DESI RATNASARI,OMES,ALLYSSA SOEBANDONO, GRUP UNGU, GRUP GIGI, GRUP SLANK,GRUP WALI, SYAHRINI, ZASKIA MECCA, RANO KARNO,ALMARHUM BENYAMIN S,INNEKE KOESHERAWATI, OPICK, DUDE HERLINO,TEUKU WISNU,ROMA IRAMA, RUDI HARTONO, LIEM SWIE KING,TITI KAMAL.NIKITA WILLY,LYDIA KANDAU, ROY MARTEN, LUNA MAYA, DARIUS SINARTHYA, ANJAS ASMARA DLL
Deretan nama-nama  Sejumlah artis ,pesinetron, pelawak, dan olah ragawan tersebut diatas adalah Endorser pada merek-merek terkenal di Indonesia.

Endoser yang sukses boleh saja terkenal.Tapi,sebaiknya dia tidak melakukan Over-Powering merek maupun produk yang berakibat konsumen lebih ingat endorsernya dari pada produk/ merek yang di iklankannya

Pengunaan Endorser adalah untuk peningkatan penjualan yang datang dari kesadaran dan citra merek yang bagus.Tapi ,Endorser bukan satu-satunya cara untuk meningkatan kesuksesan sebuah merek.Khusus untuk produk kecantikan biasanya Endorser dipilih atas pertimbangan kesesuaian fisik dan kepribadian Endorser ,dengan atribut-atribut yang di proyeksikan sesuai karakter produk-produk kosmetik.

Kebanyakan pemilik merek mengunakan jasa endorser yang sudah terkenal untuk mendapatkan perhatian konsumen.Kreteria  utama seorang endorser adalah Kredibilitas dan daya tarik, kredibilitas ini menyangkut dua point utama yaitu : 

a.Seorang Endorser harus bisa dipercaya (Baik dia Selebrity .orang terkenal atau orang biasa

b.Seorang Endorser harus mempunyai keahlian tertentu yang berbeda dengan orang pada umumnya.

Daya tarik seorang Endorser terletak pada faktor familiernya,karena saat kita memakai selibrity atau orang terkenal ,tidak lain untuk membangun kepercayaan publik.Agar supaya ada orang  ketiga yang memberi testimoni merek produk tersebut,ini lebih baik dari pada pemilik sendiri yang berkomunikasi dengan publik.Sebaiknya ada korelasi jelas antara endorser dengan produknya agar “ Pesan komunikasi para endorser tersebut sampai di benak publik,sehinga terjadi komunikasi penuh makna “

Sebagian Marketer ada yang berpendapat mengunakan Endoser Selebrity hanya buang-buang dana promosi,apalagi kalau selebrity tersebut cenderung pasif dalam membantu pengembangan sebuah merek.Belum lagi masalah kontrak dan personality yang kurang dalam keseharian mereka

Namun buat Marketer lain berpendapat berbeda,Bahwa peran selebrity dalam mengangkat merek mereka begitu besar.Itulah sebabnya ,kita bisa melihat selebrity yang sudah lebih 10 tahun menjadi Endorser sebuah merek.Yang paling penting kesesuaian endorser dengan produknya,ada korelasi langsung antara selebrity dengan produk yang dikomunikasikan ke publik.Dalam hal ini ,kredibilitas lebih penting dari pada daya tarik.  
Dalam komunikasi ,Endorser dapat dijadikaan Sebagai simber refrensi. Skema peranan endorser adalah :
1.       Membangun attention dan awareness publik

2.       Membangun pemahaman akan Merek /produk 

3.       Membangun disire publik terhadap merek /produk 

4.       Mendorong publik untuk membeli produk/merek


Peran komunikasi perusahaan penting sekali,khususnya jika ada kasus.misalnya mobil merek FORD yang sedang melakukan penarikan mobilnya ,CEO Ford turun tangan sendiri untuk berkomunikasi dengan konsumen.Dia bercerita tentang sejarah Ford yang justru mengundang simpati publik.


Peranan endoser dalam berkomunikasi sangatlah penting ,kebutuhan mendongkrak MEREK dengan endorser ini sudah berusia seratus tahun,dimulai pada tahun 1800-an di Amerika serikat ,suatu perusahaan rokok mengunakan jasa endorser ,karena hasilnya positif maka banyak perusahaan mengunakan cara yang sama sampai sekarang ini



0 komentar:

Posting Komentar